Minggu, 29 Januari 2012

oh..calon murid-muridku kelak

Assalamualaikum wr.wb.
hmmm..g terasa tiga pekan sudah aku belajar menjadi seorang sosok yang dahulu begitu kuhormati dan kujunjung tinggi. "Guru" PKLan,,hehe. Dalam benakku sebelum kulangkahkan kaki kesini, kubayangkan mereka begitu semangat, antusias, dan penuh dengan pertanyaan yang harus siap kujawab se-simple mungkin agar mereke memahami apa yang tak mereka ketahui. Sehingga bermacam-macam persiapan ku upayakan agar aku bisa menjadi sosok yang mereka senangi, mengerti, dan enjoy buat mereka.

Namun tidak begitu adanya, kenakalan-kenakalan atau yang lebih ku kenal sebagai "Trouble Maker" pasti ada disetiap kelas yang ku ajar. Aku mengajar tida kelas yang berbeda, meskipun semuanya terdiri dari kaum hawa, karena memang disekolah tempat kami PKL adalah lingkup pesantren yang membatasi pergaulan antara laki-laki dan perempuan. Salut aku...

Namun bagi calon guru sepertiku (amin ya Rabb..) dan bagi teman-teman seperjuanganku, tipe siswa atau kelas seperti apa sih yang mereka harapkan ketika melakukan proses pembelajaran??
Murid yang senang berkelompok?

 murid yang selalu terlihat ceria?

 murid yang aktif bertanya dan menjawab?

murid yang sedang melanglang buana kenegri antah berantah?

Nah tinggal memilih type murid/ kelas seperti apa yang anda sukai. Namun bagaimanapun keadaan kelas tersebut, mungkin yang lebih bisa menentukan kelas tersebut mau dibentuk seperti apapu adalah kompetensi dan kemampuan seorang guru dalam membwa susasana kelasnya.

Ok lah kalo begitcu..selamat beraktifitas, dan semoga kita semua bisa menjadi calon guru-guru yang bisa membuat murid-murid tidak sekedar faham, namun mereka mau belajar apa yang tidak mereka ketahui. dan guru adalah media dan sarana untuk mereka belajar.
wassalamualaikum wr.wb

2 komentar:

  1. Seperti apapun kondisi muridnya, mereka adalah sebuah amanat untuk kita didik sebaik-baiknya. sebab bisa jadi ada diantara mereka yang akan menjadi salah satu tiket kita menuju surga..

    salam buat Abi ya.. ehm..ehm

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..amin ya Rabb..abi masih ziarah wali uncle. Do'anya biar selamat sampai tujuan dan sampai balik lagi geh..

      Hapus