Selasa, 25 Maret 2014

Aku mencintai Islam karena Islam memulyakan wanita



Assalamualaikum wr. wb

Senang rasanya bisa membahas wanita dan keistimewaannya di mata Islam. Sejak zaman Rasulullah SAW terlahir ke dunia dengan membawa syari’at agama Islam, sejak itu pula wanita ditinggikan derajatnya. Sudah pada tahu kan bahwa pada zaman jahiliyah lampau, bagaimana para lelaki memperlakukan para wanita?? Mereka hanya sebagai budak pelampiasan nafsu semata. Masih pada inget juga gak pada zaman Nabi Musa As, yang memerintahkan rakyatnya untuk membunuh bayi yang baru lahir kalau ketahuan bayinya itu perempuan?? Sadiisssss..

Nah oleh karena itu semenjak Islam datang ke dunia ini, wanita menjadi lebih berarti dari sekedar pelayan dan pembuat keturunan. Lebih dari itu, Allah SWT memberikan kemulyaan yang berupa surga, yang oleh Allah diletakkan di bawah telapak kaki seorang Ibu. Tidak main-main derajat seorang perempuan loh.. dari mulai ia mengandung, melahirkan, menyusui, sampai mendidik anaknya hingga dewasa, bukanlah perkara yang mudah. Simak neh dalilnya yah..
Dan Kami perintahkan kepada manusia (untuk berbakti kepada) kedua orangtuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyapihnya dalam dua tahun maka bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orangtuamu dan hanya kepada-Kulah kembalimu.“ (QS. Luqman: 14)

Namun bagi para wanita yang berhasil melaluinya, pahala yang ia terima pun juga luar biasa. Sebagai contoh ketika wanita sedang mengandung pahalanya sama dengan orang yang berjihad fii sabilillah. Hei para wanita, tak usah jauh-jauh deh  ke Palestina untuk ikut-ikutan perang, dengan hanya duduk di rumah dan merawat jabang bayi yang masih di perut. Bahkan seumpama kalian meninggal dunia sewaktu melahirkan, pahalnya sama dengan mati syahid!! Subhannallah bukan? Ketika bangun malam untuk menyusui, kalian diganjar sama dengan shalat lail. Dan ketika kalian mendidik anak-anak kalian di dalam suatu rumah, sama dengan kalian tinggal bersama Rasulullah di syurga. Gimana g tambah cinta sama Islam?? Ketika Islam menjadikan seorang lelaki kepala rumah tangga, dan ia diciptakan lebih kuat dari wanita, tidak lantas menjadikan wanita semakin lemah dihadapan lelaki. Islam melengkapi wanita dengan akhlak yang mulia, teladan bagi putra-putrinya, dan Islam juga memberi gelar kepada wanita tersebut dengan sebutan bidadari syurga.


Ada lagi yang membuat wanita semakin terlihat mulya diantara para makhluk ciptaan Allah yakni sebuah hadits dari Anas, Rasulullah SAW bersabda,
"Apabila seorang perempuan mendirikan sembahyang lima waktu, berpuasa sebulan (Ramadhan), menjaga kehormatan dan taat kepada suami, dia akan disuruh memasuki syurga melalui mana-pintu yang dia sukai." (Hadis Riwayat Ahmad).
Hal tersebut mengartikan bahwa setiap amalan yang dilakukan oleh wanita, sejatinya adalah pancaran dari sifat penyayang yang Allah berikan kepadanya. Iya, wanita dikaruniai rasa sayang yang luar biasa terhadap sesama. Hal ini akan terbukti apabila seorang wanita sudah menjadi seorang ibu kelak. Sifat penyayang itulah yang menjadi nilai lebih bagi wanita ketika melakukan setiap amalan.

Nah oleh karena hal tersebut, saya pribadi sebagai kaum hawa, semakin  mencintai Islam. Islam telah memberikan warna terang kepada pemeluknya terutama wanita. Islam melindungi hak-hak kaum wanita, Islam pula yang memberikan ganjaran yang seberat-beratnya kepada mereka yang menyakiti wanita. Dikutip dari sebuah buku berjudul “100 pesan Nabi untuk Wanita” karangan Badwi Mahmud Al-Syaikh, disana dikatakan sebagai berikut…Dari Abu Hurairah r.a.: Rasulullah Saw. Bersabda,
“barang siapa beriman kepada Allah Swt. Dan Hari akhir, hendaklah ia tidak mengganggu tetangganya. Jagalah pesanku tentang kaum perempuan agar mereka diperlakukan dengan baik. Sebab mereka diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok. Tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas. Jika engkau berusaha meluruskannya, tulang itu akan patah. Jika engkau membiarkannya, tulang itu tetap bengkok. Oleh karena itu jagalah pesanku tentang kaum perempuan agar mereka diperlakukan dengan baik. (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Semoga tulisan ini semakin menambah kecintaan kita (khususnya para wanita) dengan melihat bagaimana Islam selalu ada untuk kita dan selalu menjaga kita.

Wallahu a’lam bi ash-Showab

3 komentar:

  1. penginnya mau follow blog kakak, tapi kok error terus ya.... huhu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh geh ta mbak?? sebentar saya laporkan ke Abi Sofyan dulu geh..hehe ngapunten

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus